Gerak

Kehidupan itu bergerak. Barangsiapa yang tak bergerak, hidupnya pantas untuk dipertanyakan.

Saya sendiri bingung, apakah saat ini saya sudah, sedang ataukah akan bergerak?

Pertanyaan ini beranak pinak. Apa itu gerak? Bagaimana kita dikatakan bergerak atau tidak? Siapa yang boleh mengatakan bahwa kita saat ini sedang, telah, atau akan bergerak?

Ketika orang menenggelamkan dirinya pada rutinitas sehari-hari, bekerja, kumpul anak istri, bisa dikatakan sebuah gerakan?

Dan ketika ada orang yang memilih untuk duduk bersila di suatu tempat sunyi, berkontemplasi, merenungkan makna-makna, dikatakan sebaliknya?

Saya pikir, suatu gerak itu haruslah dilandasi kesadaran. Anda harus menyadari bahwa hidup anda itu tidak diam di tempat. Anda bergerak, termasuk ketika anda membaca tulisan ini.

Gerak selalu dimulai dari olah pikiran. Dan diakhiri pula sebagai olah pikiran. Barangkali ada dialektika yang lebih kompleks lagi selain dua hal ini, maka saya akan sangat berterima kasih. Betapa anda begitu baik, mau meluangkan sedikit waktu anda yang berharga untuk menemani saya memikirkan persoalan sepele ini.

Komentar